Apa itu penambang Bitcoin (Bitcoin Mining)

Bitcoin merupakan suatu mata uang virtual yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi online. Adanya mata uang virtual yang mulai muncul beberapa tahun yang lalu, secara tidak langusung ternyata memberikan sebuah peluang baru bagi para pekerja online untuk mendapatkan keuntungan. Pada saat ini bitcoin semakin banyak dicari oleh orang-orang untuk mendapatkan keuntungan. Bitcoin Miner merupakan julukan bagi para pemburu bitcoin.

Apa Itu Bitcoin dan Apa Tujuan Bitcoin

Sebelum kita membahas mengenai apa itu penambang bitcoin atau bitcoin mining, akan lebih baik jika anda mengerti dan mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bitcoin. Jadi secara sederhanan bitcoin merupakan mata uang virtual yang bisa digunakan dalam sistem pembayaran atau kegiatan transaksi online.

Banyak orang yang masih bingung mengenai apa itu bitcoin, padahal bitcoin merupakan sesuatu yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Jadi, sebenarnya bitcoin adalah teknologi baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Terdapat beberapa karakteristik dari bitcoin untuk lebih mudah dipahami. Adapun karakteristik tersebut adalah sebagai berikut:

Mudah Memindahkan uang 

Bitcoin akan memudahkan anda untuk memindahkan uang, hal ini karena bitcoin merupakan sistem pembayaran yang mirip dengan metode transfer bank atau kartu kredit. Namun, bitcoin sedikit lebih baik dibandingkan dengan sistem pembayaran lainnya.

Sama dengan Internet 

Bitcoin sama dengan internet karena tidak satu orang atau entitas pun yang bisa mengontrolnya, jadi siapa saja bisa menggunakan bitcoin sesuai dengan keinginan merekea. Hal inilah yang menjadi karakteristik unik dari bitcoin.

Mirip Emas 

Bisa dikatakan bitcoin memiliki karakteristik yang hampir sama dengan emas, oleh karena itu banyak orang yang menyebut bitcoin sebagai emas digital atau emas 2.0. Bayangkan saja, bItcoin dianggap sebagai emas yang berfungsi sebagai uang, namun bitcoin ini sangat mudah sekali untuk dipindah tangankan.

Dari beberapa karakteristik dari bitcoin tersebut, sangat menarik sekali bukan? Jadi tidak heran banyak orang yang menjadi pemburu bitcoin hingga saat ini.

Karakteristik dan Keuntungan Bitcoin

Untuk lebih jelasnya mengenai karakteristik bitcoin berikut beberapa karakteristik dan keuntungan bitcoin selengkapnya.

Bitcoin sebagai Sistem Pembayaran

Adanya bitcoin mengubah segala kerumitan tersebut. Bitcoin merupakan sistem kas yang melakukan sinkronisasi di seluruh internet. Jadi, semua orang bisa mengakses akun kas yang sama seara real time dan tidak terlepas dengan siapa dan dimana mereka berada.

Semua bisa mengaksesnya sistem kas bitcoin ini. Sisem pembayaran bitcoin bisa anda gunakan seperti uang biasa misalnya untuk mengirim ke teman dan keluarga yang berada di dalam negeri ataupun di luar negeri, membeli barang secara online, menerima gaji, dan sebagainya.

Namun, bagaimana jika bank berada di Negara yang berbeda? Hal ini akan menjadi rumit dan sangat komplek baik mengenai bahasa, sistem, mata uang yang berbeda dan banyaknya orang yang harus melakukan koordinasi. Hal ini akan membuat biaya dan waktu transfer bertambah misalnya biaya administrasi yang lebih mahal.

Berkembangnya internet pada saat ini juga membuat sistem transaksi keuangan dilakukan melalui internet. Nah, ketika uang dipindahkan secara online, hal ini akan menjadi sedikit rumit. Bank akan menjadi perantara atas transaksi keuangan yang anda lakukan secara online dengan sistem kas yang akan menyimpan sejarah akun dan menunjukkan siapa pemilik akun tersebut. Sistem pembayaran seperti sangat mudah untuk dilakukan jika bank berada di Negara yang sama.

Bitcoin sebagai Emas Digital

Keuntungan dari bitcoin dibandingkan dengan emas adalah bitcoin bisa dipindahkan kapan saja dan dimana saja di seluruh dunia dalam hitungan menit. Selain itu, bitcoin juga memiliki sistem pembayaran yang mirip dengan visa, semakin banyak orang yang menggunakan bitcoin saat pembayaran, maka akan semakin berharga pula sistem pembayaran ini nantinya.

Bitcoin sering dianggap sebagai emas digital yang bernilai tinggi dan berharga. Bitcoin memiliki semua karakteristik yang sama dengan emas. Salah satunya adalah jumlah bitcoin yang langka dan terbatas. Bitcoin bisa dipecah menjadi unit-unit yang lebih kecil tanpa harus kehilangan nilai dari unit tersebut. Teknologi dari bitcoin juga bisa dikatakan stabil dan tidak mengalam degradasi sehingga tidak mungkin dapat dibuat bitcoin yang palsu.

Bitcoin sebagai Internet

Internet merupakan suatu hal yang terbesar dan berperan penting dalam terjadinya kemajuan di sejarah manusia. Internet sudah bisa mengubah cara hidup dan cara kerja dari masyarakat di dunia. Bitcoin hampir sama dengan internet, bagi seseorang internet tidak dimiliki oleh siapapun jadi siapapun bisa dengan bebas menggunakannya.

Hal ini karena bitcoin anda dan bitcoin yang dimiliki oleh orang lainnya akan bekerja dalam satu sistem yang sama. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa bitcoin merupakan sautu transaksi kas yang digunakan secara global di dunia.

Langkah dan Cara Mendapatkan Bitcoin

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin ada dibenak anda adalah bagaimana cara mendapatkan bitcoin? Jadi, bagi anda yang ingin mendapatkan bitcoin, anda bisa menggunakan beberapa cara sebagai berikut ini:

Sistem Trading (Jual Beli) 

Anda bisa memperoleh bitcoin dengan menggunakan sistem trading misalnya dengan menjual barang dan jasa. Dengan menjual barang dan jasa, anda bisa meminta orang lain membayarnya dengan mengguakan bitcoin. Bitcoin biasanya lebih murah dan lebih mudah jika dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.

Membeli dari Broker Bitcoin 

Selain anda bisa melakukan penjualan atas barang dan jasa untuk ditukarkan dengan bitcoin, anda juga bisa menggunakan cara mendapatkan bitcoin dengan membeli dari broker Bitcoin yang sudah terpercaya. Cara mendapatkan bitcoin yang satu ini hampir sama seperti pada saat Anda membeli mata uang atau saha asing dari bank secara online melalui internet. Cara ini merupakan cara termudah yang bisa anda gunakan untuk mendaptakan bitcoin karena dapat dipastikan anda akan bisa menemukan seseorang yang akan menjualkan bitcoin mereka kepada anda pada platform tersebut.

Penambangan (Mining)

Selain kedua cara di atas, anda juga bisa melakukan cara penambang atau mining bitcoin namun, bagi para pemula dan orang biasa cara ini merupakan cara yang cukup sulit untuk dilakukan. Hal ini karena kebanyakan penambang atau miner adalah suatu perusahaan besar dengan menggunakan alatt yang canggih dan sangat mahal, sehingga bagi orang yang memiliki computer biasa akan sulit untuk bersaing dengan perusahaan tersebut. Saran kami bagi anda yang tidak memiliki keahlian khusus, anda bisa langsung membeli dan mencari bitcoin dengan menggunakan dua cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Apa Itu Penambangan Bitcoin atau Bitcoin mining?

Nah, sekarang kita sudah berada di pembahasan utama mengenai bitcoin yakni apa sih yang disebut dengan penambangan bitcoin (Bitcoin mining). Bagi para penambang bitcoin atau disebut dengan miner, sudah pasti dapat mengetahui mengenai hal ini. Namun tidak sedikit orang yang salah paham terhadap penambangan bitcoin atau bitcoin mining yang sangat menguntungkan untuk mendapatkan lebih banyak bitcoin sebagai sistem kas global yang besar dan dapat menyimpan dan menunjukkan pergerakan uang dari satu orang ke orang lainnya.

Dalam sistem transaksi bitcoin, proses ini bukan dilakukan oleh perorangan ataupun perusahaan. Namun, hal ini dilakukan oleh ribuan komputer diseluruh dunia yang terhubung melalui internet. Nah, komputer inilah yang dimaksud dengan miner atau penambang.

Penjelasan Lengkap Menambang Bitcoin (Bitcoin Mining)

Selengkapnya kami akan membahas megnai penjelasan lengkap menambang bitcoin yakni sebagai berikut.

Peran dan Fungsi Penambang (Miners)    

  • Nah,pada saat seseorang sudah terhubung ke dalam jaringan bitcoin langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh node tersebut adalah sebagai berikut:
  • Dalam melakukan pertambangan bitcoin atau bitcoin mining, kadangkala penambang akan merasakan kesulitan dan kerugian. Untuk menjadi penambang kita harus terhubung dalam suatu jaringan bitcoin. Setelah kita terhubung ke jaringan maka kita akan menjadi node. Node merupakan istilah dari semua perangkat yang terhubung ke dalam jaringan bitcoin.
  • Pelaku pertambangan disebut dengan miners atau penambang. Lalu apa si sebenarnya yang dilakukan oleh penambang bitcoin ini? Proses pertambangan bitcoin sebenarnya hampir sama dengan pertambangan logam mulia seperti emas. Perbedaannya adalah pertambangan bitcoin (bitcoin mining) dilakukan secara digital dengan cara memecahkan suatu puzzle menggunakan metode yang sistematis, sedangkan pertambangan emas dilakukan melalui pertambangan emas pada umumnya.
  • Pertambangan bitcoin yang sebenarnya adalah sebuah aktifitas menambang dengan menggunakan perangkat tertentu. Proses bitcoin mining dilakukan melalui serangkaian persoalan matematis dengan tingkat kesulitan tertentu. Jadi, bitcoin mining artinya adalah perangkat yang digunakan oleh orang yang menambang bitcoin, baik berupa CPU, GPU, FPGA ataupun ASIC.

Mendengarkan transaksi 

  • Semua node yang terhubung ke dalam jaringan bitcoin harus mendengarkan semua transaksi yang terjadi. Selanjutnya adalah melakukan validasi dari transaksi yag didengarkan tersebut. Pemeriksaan atau validasi dibuktikan dengan adanya tanda tangan digital yang bertujuan untuk memastikan tidak ada double spending atau belum dikeluarkan di transaksi lainnya.

Menjaga Blockhain dan Mendengarkan Blok Baru yang Tercipta 

  • Seorang penambang bertugas untuk menjaga blockchain yang terkait dengan penanganan semua transaksi yang terjadi. Biasanya para penambang pun akan mempertahankan blockchain yang telah menyimpan semua transaksi yang sudah direkam. Penambang juga bisa meminta semua sejarah blok kepadanode lain yang sudah masuk ke dalam jaringan sebelumnya.

Membuat calon blok baru

  • Setelah anda memiliki salinan lengkap blockchain maka kita bisa mulai membangun blok untuk melakukan dengan mengelompokkan semua transaksi yang kita dengar ke blok baru. Hal ini bertujuan untuk memperluas blok yang kita ketahui. Namun, kita harus tetap memastikan bahwa semua transaksi yang ada di dalam blok tersebut adalah transaksi yang valid.

Mencari Nonce agar menjadi blok yang valid 

  • Setelah kita memvalidasi semua transaksi pada calon blok, selanjutnya adalah mencari nonce yang bisa membuat blok tersebut menjadi valid. Hal ini merupakan langkap yang paling sulit dihadapi oleh para penambang.

Berharap blok diterima 

  • Hal tersulit berikutnya yang mungkin dihadapi. Ketika kita menemukan sebuah blok baru, maka tidak ada jaminan blok tersebut akan bisa menjadi bagian dari blockchain. Hal yang dibutuhkan oleh penambang adalah faktor keberuntungan dan berharap agar penambang lain menerima usulan blok sehingga kita bisa menambang diatas blok tersebut.

Menerima Keuntungan

  • Jika penambang lain menerima blok kita sebagai blok yang valid, anda bisa bernafas lega karena anda akan memperoleh reward sebesar 25 bitcoin.

Kelihatannya memang sangat mudah sekali, tapi anda harus berjuang dan bekerja keras memecahkan rumus sistematis untuk melakukan hal tersebut.

Hardware Menambang Bitcoin

  1. Dalam hal ini penambang harus bisa menghitung fungsi dengan cepat untuk saling berlomba satu dengan yang lainnya. Semakin cepat semakin banyak pula keuntungan yang bisa kita peroleh dalam menambang bitcoin. Berikut beberapa jenis perangkat pertambangan bitcoin atau bitcoin mining yang bisa anda gunakan.
  2. Pengkalkulasian dalam pertambangan bitcoin biasanya menggunakan fungsi hash SHA-256. SHA merupakan singkatan dari Secure Hash Agorithm, SHA0256 dipilih karena memiliki fungsi hash yang paling bagus.
  3. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menambang bitcoin kita membutuhkan sebuah alat atau perangkat keras untuk melakukan perhitungan atau komputasi dalam memeahkan puzzle.

Menambang bitcoin dengan CPU 

  • Pertambangan bitcoin dengan menggunakan PU merupakan generasi pertama perangat pertambangan bitcoin. Hal ini karena tingkat kesulitas dan rendahnya perangkat pada saat itu. Namun, pada saat pertambangan dengan menggunakan CPU tidak agi menguntungkan. Bagi orang-orang yang menggunakan CPU dalam proses pertambangan bitcoin, pastinya akan merasa kecewa karena tidak tahu secara pasti cara kerja bitcoin pada saat ini.

Menambang bitcoin dengan GPU   

  • Menambang dengan menggunakan GPU sebagai kartu grafis memang banyak memiliki keuntungan, namun kekurangan dari perangkat GPU ini adalah membutuhkan daya yang besar. Hal ini akan membuat anda mengeluarkan biaya listrik yang besar. Selain itu, biaya untuk merangkai GPU juga lumayan mahal.
  • Karena pertambangan bitcoin bisa diparalelkan maka penambang juga akan bisa mencoba melakukan hashing pada waktu yang sama dengan nonce yang berbeda. GPU memiliki property yang bisa dibilang cukup atraktid sehingga mudah untuk digunakan bahkan bagi para pemula yang masih baru belajar menambang bitcoin. Membeli kartu grafis seperti GPU inipun sangat mudah sekali dicari di pasaran, manfaat utamanya adalah kartu grafis ini sangat baik untuk pertambangan bitcoin (bitcoin mining).
  • Perangkat keras penambang bitcoin yang selanjutnya adalah dengan menggunakan GPU. GPU merupakan sebuah kartu grafis yang bayak digunakan pada seua jenis computer hingga saat ini. GPU dapat menghasilkan paralelisme yang tinggi sehingga hal ini akan cukup berguna untuk menambang bitcoin.

Menambang dengan FPGA  

  • Pada dasarnya FPGA ini menawarkan kinerja yang lebih baik dari kartu grafis, selain itu kita bisa memiliki keleluasan untuk mengkonfigurasi setelannya. FPGA dilengkapi dengan pendingin yang bisa memudahkan proses kerjanya. Sehingga penambang atau miners bisa merangai perangkatnya lebih bersih dan lebih rapi jika dibandingkan dengan GPU. Namun kepopuleran penggunaan FPGA ini tidak bertahan lama karena beberapa bulan setelahnya banyak yang menggunakan perangkat ASIC untuk menambang bitcoin.
  • Perangkat penambang bitcoin atau bitcoin mining yang banyak digunakan selanjutnya adalah FPGA. FPGA merupakan sebuah IC digital yang banyak dipakai dan di implementasikan pada rangkaian-rangkaian digital. Pada saat ini penambang bitcoin sudah banyak yang beralih ke perangkat penambang bitcoin yang satu ini.

Menambang BItcoin dengan ASIC

  • Pada saat ini, penambang bitcoin banyak yang menggunakan perangkat keras ASIC ini ASIC merupakan chip khusus untuk mengerjakan pekerjaan tertentu yang secara khusus dibuat untuk bisa melakukan pertambangan bitcoin (bitcoin mining). Banyak penyedia yang menjual ASIC dengan berbagai macam jenis dan tipe. Dengan begitu, penambang bitcoin pun bisa memiliki masing-masing type ASIC tersebut.

Mining Pool sebagai Wadah Penambang Bitcoin (Bitcoin Mining)

Berawaldari banyaknya kesulitan yang dihadapi oleh para penambang kecil dan beragam risiko yang dihadapi. Banyak diantara mereka yang saling bekerja sama dengan membentuk sebuah perusahaan asuransi untuk meringankan risiko yang mungkin dihadapi tersebut.

Salah satunya adalah mining pool yang terbentuk sebagai pola kerjasama. Dalam suatu mining pool terdapat sekelompok penambang yang bergabung bersama da membnetuk sebuah pool yang berfunsgi untuk bisa melakukan penambangan bitcoin secara bersama-sama.

Teknik pembagian pendapatan pertambangan bitocin pada mining pool adalah dengan menggunakan saham pertambangan. Penambang bisa membuktikan berapa banyak perannya dalam berkonstribusi di dalam pool saat melalukan pertambangan dengan menghitung hasil output saham atau blok valid terdekat.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai apa itu pertambangan bitcoin (Bitcoin mining) yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi para pemburu bitcoin. Terima kasih.

Konten ini dialihkan ke member area. jika anda mempunyai user di sini, silahkan masuk. Member baru silahkan daftar.

Posted in Bitcoin and tagged , , , .