Cara Cepat dan Aman Diet Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Cara Cepat dan Aman Diet Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Jika wanita sedang hamil, maka tak sega-segan jika mereka ingin memiliki tubuh yang tetap ideal meskipun sedang mengandung sang buah hati. Maka dari itu untuk memiliki tubuh yang tetap ideal harus memerlukan diet yang sehat. Selain dalam masa kehamilan, program diet juga dapat dilakukan pada masa menyusui.

Program diet untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya menggunakan nutrisi dengan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang tetapi dengan kalori yang rendah. Dengan diet yang seperti itu, pasti akan aman untuk kondisi sang bayi dan tubuh akan tetap berada pada posisi yang ideal. Diet yang dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui akan tetap aman untuk sang buah hati jika dilakukan dengan tepat, seperti gizi yang lengkap dan seimbang untuk tetap menjaga produksi ASI yang terbaik.

Makanan Untuk Diet Yang Aman Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Cara Cepat dan Aman Diet Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Masa kehamilan adalah masa yang paling membahagiakan bagi seorang wanita, selain membahagiakan anmun juga ada sedihnya lantaran berat badan mereka harus naik drastis ketika hamil. Maka tak heran jika banyak waita sering mengalami tak percaya diri denga perubahahn yang mereka alami setelam menjadi seorang ibu hamil.

Jika mereka ingin tetap menjaga tubuh idealnya maka harus melakukan diet. Diet yang dilakukan adalah dengan mengurangi kegiatan nyamil dan berpindah memperhatikan pola makan serta asupan makan yang dikonsumsinya tanpa mengurangi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selain menjaga pola makan dan asupan makan, olahraga yang teratur juga dapat membantu penurunan berat badan ibu Hamill dan menyusui.

Agar nutrisi tetap terjaga, maka berikut ini merupaka makanan yang dianjurkan bagi ibu kamil dan menyusui bagi yang ingin menurunkan berat badannya.

Diet Untuk Ibu Hamil Dengan Buah-Buahan

Siapa yang tidak suka memakan buah-buahan ? buah-buahan mengandung banyak sekali macam vitamin. Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan pasti sangan diperlukan oleh tubuh terutama bagi ibu hamil dan menyusui. Contoh kecilnya yaitu buah jeruk yang banyak sekali mengandung vitamin C yang dapat memasok energi untuk tubuh. Selain itu juga bluberry yang banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, siapapun yang ingin diet meskipun itu wanita hamil atau sedang menyusui sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Jika kalian tidak suka mengonsumsi secara langsung, maka anda dapat membuatnya menjadi minuman jus yang dapat dikonsumsi sebanyak dua kali sehari.

Diet Untuk Ibu Hamil Dengan Kacang dan Biji-Bijian

Jenis kacang dan biji-bijian juga cocok digunakan sebagai menu makan anda jika anda sedang melakukan diet. Seperti kacang hijau yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Kacang hijau banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1 dan mineral. Kandungan karbohidrat pada kacang-kacangan akan membantu meningkatkan energi pada ibu hamil. Kandungan protein digunakan untuk mengganti jaringan yang rusak akibat melahirkan sehingga luka pada jalan lahir ataupun perut akan segera pulih.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh pada kacang-kacangan akan meningkatkan jumlah dan panjang akson, dendrit, serta neuron pada bayi sehingga bayi menjadi cerdas dan syaraf-syaraf yang lain akan tumbuh dengan optimal.

Sedangkan kandungan vitamin pada kacang-kacangan antara lain vitamin A, B1, B2, dan C. vitamin-vitamin tersebut sangat diperlukan untuk ibu menyusui agar produksi ASI semakin bertambah. Kandungan mineral juga sangat berfungsi bagi pembentukan tulang  dan gigi pada bayi secara optimal.

Karena banyaknya manfaat dan kandungan gizi yang terkandung dalam kacang-kacangan, maka diet untuk ibu hamil dengan memakan kacang-kacangan juga dapat disarankan. Anda sebagai ibu hamil atau menyusui dapat mengonsumsi kacang-kacangan sebagai bubur, pengganti teh, ataupun dalam bentuk kue.

Menggunakan Beras Merah Untuk Diet Ibu Hamil dan Menyusui

Beras merah banyak sekali manfaatnya bagi ibu hamil dan menyusui. Mberas merah banyak dikenal dengan berbagai macam manfaatnya seperti mengandung sumber energy, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kadar kolesterol, menjaga kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan tulang.

Beras merah akhir-akhir ini teruji mampu mengurangi berat badan sang ibu untu menghindari obesitas. Hal tersebut dikarenakan beras merah  mengandung glukosa yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih. Namun, nasi merah memiliki kandungan karbohidra yang lebih tinggi maka tak heran jia anda mengkonsumsi nasi merah sedikit saja sudah mebuat anda merasa kekenyangan. Selain itu, beras merah juga terkenal dengan manfaatnya untuk memberikan energi yang cukup bagi sang ibu serta tidal membuat ibu  menjadi gemuk.

Selain yang sudah disebutkan tadi, juga terdapatmanfaat lainnya yaitu menjaga kadar gula dalam darah. Maka tak heran jika para ibu hamil atau menyusui melakukan diet untuk ibu hamil dengan mengkonsumsi beras merah sebagai program dietnya.

Produk Susu yang Rendah Lemak

Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu sangatlah banyak, seperti protein, kalsium, vitamin B, vitamin D. vitamin D ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang pada bayi. Terutama pada pertumbuhan tulag pada bayi. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 600 cc per hari atau sekitar tiga cangkir dalam sehari sebagai asupan uang cukup. Mengkonsumsi susu juga dilansir dapat bermanfaat bagi ibu dalam memenhi asupan untuk tulang.

Jadi, jika anda sebagai ibu hamil atau sedang menyusui dan ingin melakukan program diet untuk ibu hamil, maka sangat disarankan untuk meminum produk susu yang rendah lemak.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak memang memiliki khasiat yang sangat banyak. Kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya dapat memnnuhi kebutuhan energy yang diperlukan oleh ibu hamil atau ibu menyusui. Daging tanpa lemak atau yang biasa disebut dengan daging fillet memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh ibu maupun bayi. Daging jenis ini memiliki kandungan protein, zat besi, serta vitamin B12. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat membantu untuk melengkapi kebutuhan energy saat ibu menyusui.  Selain itu, dagiing Fillet juga dikelan tidak banyak mengandung lemak yang bisa membuat berat badan bertambah.

Produk Olahan Ikan

Produk olahan ikan yang dapat dimanfaatkan sebagai program diet untuk ibu hamil atau menyusui adalah ikan salmon dan ikan tuna. Ikan salmon ini terkenal memiliki banyak kandungan lemak DHA yang sangat baik dan penting bagi pertumbuhan sistem syaraf bayi. Selain itu ikan salmon juga terkenal manfaatnya sebagai sumber energy yang baik untuk ibu menyusui.  Ikan salmon juga dapat membantu menambah jumlah DHA yang sudah terkandung didalam ASI untuk sang bayi.

Selain ikan salmon, ikan tuna juga dikenal baik untuk kesehatan serta mampu meningkatkan kecerdasan otak. Ikan tuna memiliki kandungan Omega-3 dan juga DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan sang bayi. Maka beruntunglah bagi para ibu yang sedang hamil atau menyusui jika kalian senang sekaligus menjadi penggemar ikan.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang sangat ampuh untuk mereka yang sedang menjalani diet. Sayuran hijau pasti jadi pilihan ibu hamil ketika berat bdannya semakin meningkat. Hal ini dikarenakan sayuran hijau memiliki zat anti oksidan yang sangat tinggi dan rendah kalori.

Salah satu jenis sayuran hijau yang sangat disarankan oleh dokter adalah brokoli. Brokoli mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk menambah kecerdasan pada bayi. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang dapat mencegah ibu hamil dari anemia. Daun katuk juga terkenal sebagi makanan diet untuk ibu menyusui karena didalam daun katuk memiliki banyak vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu.

Selada juga merupakan sayuran hijau yang kaya akan zat besi, zat flavonoid dan kandungan asam folatnya. Jika mengkonsumsi selada maka akan dapat mempertahankan energy saat ibu menyusui dan mencegah sang ibu terkena anemia. Selain itu kandungan asam folat pada selada juga dapat membantu pembentukan sel darah merah yang baik bagi ibu maupun bayi.

Kalori Yang Dibutuhkan Ibu Hamil atau Menyusui

Pada umumnya, ibu yang sedang menyusui memerlukan lebih banyak kalori dibandingkan dengan wanita-wanita yang tidak menyusui. Setiap wanita memiliki kalori yang berbeda-beda, tergantung berat badan, metabolism tubuh, frekuensi bayu menyusui dan intensitas olahraga.

Selain itu, ibu yang sedang hamil dan menyusui dapat menyembunyikan rasa laparnya sebagai petunjuk beberapa asupan makanan yang dibutuhkan. Yang harus diingat adalah bagaimana cara memperhatikan kebutuhan cairan tubuh untuk selalu tejaga dan terpenuhi. Cairan tersebut juga bisa dapat diperoleh dari banyaknya mengonsumsi air putih, susu, maupun jus.

Berat Badan Yang Bisa Diturunkan

Jika pada masa kehamilan, tak heran jika ibu hamil selalu mengalami kenaikan berat badan. Ibu hamil atau ibu menyusui dapat menurunkan berat badannya sekitar 0,5-1 kg per minggu. Penurunan berat badan sebanyak itu bisa tergolong aman terhadap produksi ASI. Jika penurunan berat badan lebih dari itu tiap minggunya, maka dikhawatirkan akan berdampak pada produkdi ASI sang ibu.

Diet yang aman bagi ibu hamil atau menyusui adalah dengan selalu memperhatikan pola makan yang sehat dan dipadu padankan dengan olahraga. Dua hal tersebut bisa menjadikan diet para ibu hamil dan para ibu menyusui lebih efektif daripada dengan diet yang harus memangkas kalori yang dibutuhkan saat kehamilan maupun menyusui.

Selain itu, hal yang paling penting lainnya adalah waktu muleinya melakukan diet. Sebaiknya dalam melakukan diet yang paling efektif adalah setelah bayi berumur 2 bulan agar bayi tidak mengalami kekurangan energy dan produksi ASI. Jika sang ibu mengalami obesitas maka sangatlah penting untuk berkonsultasu dengan dokter untuk mennetukan waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

Demikian beberapa makanan diet serta tips untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa anda jaidkan pilihan untuk dikonsumsi. Untuk itu, dengan pola makan yagn sehat dan dengan olagraga yang tepat dan teratur maka akan dapat menurunkan berat badan ibu hamil terutama ibu menyusui secara efektif dan aman.

Hindarilah diet yang menurunkan berat badan secara drastic dan memangkas banyak kalori karena hal tersut akan dapat menyebabkan terpengaruhnya produksi ASI. Selain itu, beberapa pilihan makanan diatas juga dapat dijadikan sebagai makanan alternative bagi para ibu yang menyusui yang sedang menstabilkan berat badan agar tetao ideal dan kembali langsing seperti pada saat awal pernikaha. Selamat mencoba. Dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Konten ini dialihkan ke member area. jika anda mempunyai user di sini, silahkan masuk. Member baru silahkan daftar.

Posted in Kesehatan and tagged , .