Sejarah Masjid tua indra puri

Destinasi Wisata Masjid Tua Indra Puri

Aceh adalah daerah yang terkenal karena memegang teguh nilai nilia agama Islam dan menerapkan nya dalam kehidupan sehari hari. Provinsi yang disebut juga dengan serambi Mekah ini memang mayoritas nya adalah penduduk Islam sejak zaman kerajaan. Tidak mengheran kan jika di Aceh di temukan wisata religi seperti masjid tua indra puri ini.

Masjid tua indra puri adalah sebuah candi peninggalan Hindu-Budha pada abad 12 dan menjadi tempat pemujaan seblum Islam masuk ke Aceh. Dahulu terjadi perang antara kerajaan Hindu lamuri dengan bajak laut Cina, dan pada akhir nya peperangan itu dimenangkan oleh kerajaan Hindu lamuri dengan bantuan Meurah Johan pangen dari Lingga (Gayo), yang menjadikan kerajaan Lamuri menjadi kerajaan Islam, Kerajaan Lamuri yang dulu nya mempunyai kuil diuabah menjadi Masjid.

Bangunan masjid ini berdiri di atas tanah seluas 33.875 meter persegi, dan terletak diatas ketinggian 4,8 meter diatas permukaan laut. Bangunan masjid ini berada sekitar 150 meter dari tepi sungai Krueng Aceh. Secara administratif, masjid ini terletak di desa indra puri, kecamatan indra puri Kabupaten Aceh besar, provinsi Aceh. Untuk ke maajid indra puri kita haarus menempuh jarak sekitar 20 kilometer atau melakukan perjalanan 30 menit dari Banda Aceh. Masjid ini sangat mudah di temukan karena tempat nya berada di pinggir jalan dekat jalan raya.

Akses yang di gunakan pun sangat mudah karena bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan kendaraan umum seperti labi-labi. Letak darimasjid indra puri juga sangat dekat dengan museum Tsunami Aceh, Museum Aceh, dan monumen kereta Api

Sejarah Masjid Tua Indra Puri

Sejarah Masjid tua indra puri

Masjid tua indra puri juga menjadi saksi akan perjalanan sejarah Indonesia yang terjadi di Aceh. Ketika masa penjajahan Belanda, Belanda berhasil merebut istana pada tahun 1874 yang memaksa pemerintahan di pindahkan di indra puri. Pada saat itu selain di gunakan untuk tempat ibadah masjd ini juga digunakan untuk pertahanan sementara serta digunakan untuk basis pemerintahan pusat.

Masjid indra puri juga menjadi saksi sejarah tempat penobatan Sultan Muhammad Daudsyah, penobatan nya di lakukan di dalam masjid ini. Penobatan tersebut dilakukan pada tahun 1878 Masehi yang juga menjadikan Sultan Muhammad Daudsyah sebagai sultan Aceh terahir. Selain itu masjid ini juga menjadi pusat dari berkembangnya ajaran Islam pada penjajahan Belanda di Aceh.

Pesona Masjid Indra Puri

Pesona Masjid Indra Puri

Masjid indra puri ini sangat luas karena dahulu nya di tempat tersebut di bangun pura oleh kerajaan Lamuri. Saat di masjid indra puri kita tidak bisa menemukan pura lagi, tetapi kita masih bisa melihat sisa sisa bangunan di pura di masjid tersebut, seperti pondasi nya dan juga pagar nya.

Bangunan masjid puri di lengkapi dengan tiga lapis pagar tembok yang dulu di duga pagar dari pura untuk beribadah. Kondisi pagar ini masih di pertahankan hanya di rubah sedikit. Saat pengunjung memasuki wilayah masjid, di dalam pagar tembok terdapat kolam air yang di gunakan untuk tempat wudhu.

Masjid indra puri memiliki luas bangunan kira kira 18 x 18 meter, dengan dilengkapi 36 tiang yang berdiri menyangga masjid tersebut. Pada rurang utama masjid terdapat 16 tiang kayu yang menyangga bangunan, 4 diantaranya adalah penyangga utama atap masjid. Pintu utama terdapat di sisi timur masjid yang berhadapan langsung dengan mihrab.

Ketika memasukin banguna masjid kita akan merasakan sejuk dan klasik yang terpancar dari klasiknya bangunan ini. Nunsa sejuk itu karena atap masjid yang didesain seperti piramida bertingkat seperti piramida ini memiliki jarak sebagai fentilasi udara. Ukiran ukiran sederhana juga akan terlihat pada masjid konstruksi bangunan nya didominasi kayu

Didekat mihrab terdapat lemari yang terbuat dari kayu, lemari tersebut untuk menyimpan al qur’an dan kitab – kitab untuk mengaji. Masjid indra puri juga tidak mempunyai ruangan khusus untuk memisah antara laki laki dan perempuan. Pada bagian luar masjid terdapat menara yang berisi kentongan untuk menandakan waktu sholat.

Masjid ini pernah di pugar oleh departemen pendidikan dan kebudayaan pada masa kemerdekaan, pada pemugaran tersebut terdapar 12 mata uang Aceh kuno berupa koin dengan tulisan Aceh Darussalam. Di masjid ini juga sering dikunjungi guna melakukan penelitian.

Fasilitas Masjid Indra Puri

Fasilitas Masjid Indra Puri

Fasilitas yang disediakan masjid indra pura ini terbilang cukup lengkap, seperti toilet umu, serta lahan parkir yang cukup luas. Serta didekat masjid juga terdapat taman untuk beristirahat setelah berjalan jalan untuk melihat keindahan dari masjid indra pura ini.

Selain itu di dalam masjid dipsang juga AC, aula, ruang serbaguna, serta ada perpustakaan yang menyimpak koleksi buku agama Islam dan banyak lagi. Masjid ini juga dilengkapi dengan sound system sebagai pengeras suara.

Di dekat masjid indra pura ini juga terdapat penginapan dengn berbagai variasi harga nya, jadi wistawan bisa menyewa penginapan tersebut sesuai budget yang diinginkan. Selain itu disekitar masjid indra pura juga terdapat warung dan restoran yang menjajakan makanan atau oleh oleh khas Aceh.

Mengunjungi masjid indra puri adalah pengalaman yang berbeda dengan yang lain, ini adalah egiatan yang dapat di lakukan di masjid tersebut

Wisata Religi dan Sejarah Masjid Indra Puri

Masjid adalah tempat ibadah umat Islam, jadi dengan mengunjungu masjid indra pura ini kita juga dapat merasakan wisata religi. Selain bisa berwisata religi kita disini juga bisa bersisata sejarah karenamasjid ini adalah saksi bisu perjalanan aceh dari masa kejayaan masa Hindu – Budha hingga Islam.

Di masjid indra pura ini terdapat prasasti yang menceritakan tentang sejarah di bangun nya masjid ini serta kejadian kejadian penting yang pernah di alami di masjid ini. Maka dari itu dengan mengunjungi masjid indra pura kita mendapatkan banyak manfaat.

Menikmati Keindahan Masjid Indra Puri

Menikmati Keindahan Masjid Indra Puri

Selain berwisata kita juga di suguhkan dengan keindahan bangunan pada masjid ini. Masjid indra pura mempunyai struktur bangunan yang berbeda dengan masjid yang lain, disini kita bisa melihat ada campur tangan unsur unsur bangunan Hindu – Budha pada pagar tembok serta atap dan pondasi bangunan dari masjid indra pura. Indra pura memang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga tempat tersebut tak pernah sepi pengunjung, banyak ilmuwan juga yang masih meneliti tempt ini.

Tips Berwisata di Masjid Indra Puri

  • Jaga selalu tutur kata kita saat di dalam atau di sekitaran area masjid ini karena masjid adalah tempat ibadah umat Islam
  • Gunakan lah pakaian yang sopan untuk mengunjungi masjid indra puri
  • Selalu jaga kebersihan masjid, buanglah sampah yang kita bawa ketempat yang sudah di sediakan
  • Jaga kelestarian masjid, jangan kita rusak yang sudah ada di dalam nya

Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga artikel monster selalu di hati para pembaca dan para client 😀

Posted in Wisata and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *