Mengatasi Masalah Kulit Ibu Hamil

Mengatasi Masalah Kulit Bagi Ibu Hamil

Mengatasi Masalah Kulit Bagi Ibu Hamil – Kehamilan merupakan momen yang sangat penting dan berharga. kehamilan merupakan suatu masa yang ditunggu-tunggu oleh sebuah pasangan suami istri karena sebentar lagi akan hadir anggota keluar baru yaitu buah hati yang akan memberikan kebahagian dan keceriaan dalam sebuah rumah tangga. Namun saat masa kehamilan seorang wanita hamil harus dapat berjuang mengatasi berbagai kondisi yang tidak menyenangkan selama masa kehamilan, contohnya seperti rasa mual, tidak nafsu makan, dan mungkin sebaian wanita hamil juga akan mengalami permasalahan yang terjadi pada kulit karena adanya gangguan pada kulit ketika hamil misalnya timbulnya jerawat padahal sebelum hamil kulit wajah kita bebas dari jerawat, timbulnya guratan pada kulit, gatal-gatal dan lainnya.

Mengatasi Masalah Kulit Ibu Hamil

Gatal-gatal tersebut disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi, karena menurut para ahli para wanita hamil akan mengalami masalah kulit tersebut karena pada saat seorang wanita hamil, ia seolah-olah sedang mandi hormon sehingga banyak perubahan pada kulit, kuku dan rambut. Bagi anda yang sudah pernah merasakan kehamilan anda pasti tahu masalah-masalah kulit yang terjadi saat masa kehamilan. Masalah kulit yang terjadi pada ibu hamil biasanya an membuat ibu hamil menjadi tidak percaya diri dengan penampilan mereka.

Ibu hamil biasanya mengalami perubahan bentuk tubuh dan juga kulit yang disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi ketika masa kehamilan. Bagi anda calon ibu baru, artikel ini bermanfaat sekali untuk memberikan edukasi mengenai bagaimana cara mengatasi masalah kulit yang terjadi pada 90% ibu hamil. Sebelum membahas mengenai cara mengatasinya, saya akan jelaskan dulu macam-macam masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil.

Beberapa masalah kulit yang sering terjadi selama masa kehamilan:

  • Pigmentasi
    Pigmentasi merupakan masalah kulit yang terjadi pada ibu hamil. Hal ini terjadi pada 50-70% wanita hamil. Pigmentasi biasanya terjadi karena meningkatnya pigmen tubuh akibat perubahan hormonal. Pigmentasi ini menyebabkan warna kulit menjadi lebih hitam, sedangkan untuk daerah yang sudah hitam akan menjadi lebih hitam. Biasanya pigmentasi terjadi pada wanita yang memiliki warna kulit yang agak gelap.
  • Stretchmark
    Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil kebanyakan adalah stretchmark. Stretchmark merupakan guratan-guratan memanjang. Stretchmark merupakan garis putih yang sering muncul pada perut dan paha. Stretchmark ini terjadi akibat adanya peregangan kulit karena hamil. Hampir semua ibu hamil mengalami stretchmark selama masa kehamilan. Timbulnya stretchmark biasanya diawali dengan rasa gatal pada kulit dan berwarna agak kemerahan pada daerah perut dan paha. Kemudin akan berubah menjadi lebih pucat, dan kadang-gadang dapat menimbulkan bekas.
  • Kulit berminyak dan Jerawat
    Ibu hamil biasanya akan mengalami masalah kulit akibat perubahan hormon yang menyebabkan kulit mudah berminyak dan berjerawat. Kulit berminyak pada ibu hamil biasanya dipicu oleh peningkatan produksi sebum akibat perubahan hormonal. Kulit berminyak dan jerawat sebenarnya memiliki keterkaitan, jika kulit kita memproduksi minyak secara berlebih maka hal tersebutlah yang menyebabkan jerawat.
  • Kulit sensitif
    Perubahan yang terjadi pada kulit ibu hamil salah satunya adalah kulit menjadi lebih sensitif terhadap sesuatu. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar hormon dalam tubuh sehingga mengakibatkan kulit cenderung lebih tipis, halus, dan sensitif.
  • Gatal-gatal
    Masalah kulit selanjutnya yang biasanya terjadi pada ibu hamil adalah gatal-gatal. Rasa gatal pada kulit ibu hamil biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab gatal-gatal pada kulit ibu hamil adalah karena kulit yang sensitif.
  • Iritasi kulit
    Iritasi kulit sering terjadi pada ibu hamil. Iritasi kulit biasanya terjadi karena kulit yang sensitif, selain itu iritasi kulit juga dapat dipicu karena adanya gesekan antar kulit. Seperti kulit ketiak, selangkangan, maupun kulit disekitar kemaluan.

Itulah beberapa masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil. Walaupun masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil merupakan masalah kulit yang wajar dan berbahaya. Namun memiliki masalah kulit pada saat hamil akan membuat anda tidak percaya diri bukan? Nah, untuk mengatasi masalah tersebut langsung saja yuk kita bahas menganai tips cara mengatasi masalah kulit yang terjadi pada ibu hamil.

Berikut Tips Untuk Mengobati Masalah Kulit Bagi Ibu Hamil

  1. Makan makanan sehat dan kaya nutrisi.
    Tips mengatasi masalah kulit bagi ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Makanan sehat yang dapat mengatasi masalah kulit dan kaya akan nutrisi adalah makanan yang mengandung vitamin E karena jenis vitamin ini baik sekali bagi ibu hamil untu mengembalikan keindahan dan kecantikan kulit. Atau untuk lebih aman, anda dapat mengkonsultasikan keluhan-keluhan anda kepada dokter agar mendapatka rekomendasi vitamin apa yang cocok dengan anda.
  2. Perbanyak minum air putih
    Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan membuat kondisi kulit tetap terjaga kelembapannya sehingga adanya kulit kering yang akan menyebabkan rasa gatal dan kulit sensitif dapat diatasi dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah banyak. Dengan banyak mengkonsumsi air putih anda akan terhindar dari masalah kulit yang terjadi pada masa kehamilan. Selain itu untuk dapat mempertahankan kelembapan kulit, anda juga dapat menggunakan lotion/pelembab khusus yang disarankan dokter.
  3. Hindari kulit dari paparan sinar matahari langsung
    Tips atasi masalah kulit pada ibu hamil yang lainnya adalah hindari paparan sinar matahari secara langsung terutama pada saat siang hari. Selain dapat membakar kulit, paparan sinar matahari langsung juga akan memperparah masalah pigmentasi pada kulit di masa kehamilan sehingga membuat kulit menjadi lebih hitam. Jika anda ingin keluar rumah pada siang hari, saya sarankan anda untuk menggunakan tabir surya terlebih dahulu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  4. Menggunakan pembersih wajah
    Salah satu masalah kulit yang sudah saya jelaskan tadi adalah kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menggunakan pembersih untuk membersihkan kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.
  5. Hindari mengenakan celana ketat
    Tips untuk menghindari masalah-masalah pada kulit pada ibu hamil adalah dengan menghindari menggunakan celana ketat selama masa kehamilan. Memakai celana ketat hanya akan menyebabkan kulit menjadi sensitif karena adanya gesekan antara celana dan kulit. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sebaiknya menghindari celana ketat untuk menghindari iritasi ataupun luka pada kulit.

Itulah beberapa masalah kulit yang biasa terjadi pada ibu hamil dan tips untuk mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut dalam mengatasi masalah yang mengganggu kulit selama masa kehamilan, anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan ataupu dokter kulit yang expert dengan masalah ini. Karena bagaimanapun kesahatan kulit bagi ibu hamil penting agar setelah melahirkan tidak menimbulkan bekas-bekas akibat teradinya masalah kerutan pada kulit yang terjadi selama masa kehamilan. Semoga tips ini menjadi solusi dan rujukan dalam mengatasi masalah kulit pada masa kehamilan.

Posted in Ibu Hamil, Kesehatan and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *