Spot Foto di Benteng Iskandar Muda

Destinasi Wisata Benteng Iskandar Muda yang Mendunia

Wisata Benteng Iskandar Muda salah satu objek budaya peninggalan sejarah Sultan Iskandar Muda yang berada di pedesaan Krueng Raya, Kota Aceh Besar. Wisata Benteng ini merupakan satu titik sejarah yang termasuk dalam tiga kerajaan Hindu yang meliputi banda Aceh sekaligus Aceh Besar, di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda kerajaan aceh diperkuat dengan adanya benteng-benteng pertahanan disepanjang pantai selat malaka, benteng ini dibangun sekitar abad ke 16 oleh sultan Iskandar Muda.

Benteng ini dibangun oleh sultan Iskandar Muda hanya untuk melindungi kekuasaan dari serangan Belanda dan Portugis. Benteng ini berlokasi di Gampong Lamreh di daerah Kreung Raya sekitar 5 m dari jalan utama arah laut selat malaka.

Benteng Iskandar Muda yang Disegani di Dunia

Benter ini berbentuk segiempat sengaja dibangun di pinggir sungai Krueng Raya supaya mencatat sejarah bahwasanya benteng ini pernah digunakan Laksamana Malahayati untuk menahan serangan armada Portugis dari selat malak. Malahayati merupakan seorang laksamana perempuan yang dikenal sangat gagah, tangguh dan dikenal diseluruh pelosok dunia dia adalah seorang pejuang yang disegani oleh para lawan perangnya.

Ketika bencana Tsunami Menerjang pada 2004 di kota Aceh, benteng ini mengalami sedikit kerusakan karena hempasan air yang sangat hebat kala itu, sehingga untuk saat ini kerusakan dinding telah diperbaiki dan yang telah direnovasi dengan warna yang kontras dan sesuai sehingga berbeda dengan warna aslinya. Bukan berarti ingin merubah warna aslinya namun memang warna yang senada sulit dicari, mungkin karean Benteng Iskandar Muda ini termasuk bangunan yang sudah tua.

Benteng Iskandar Muda ini terbuat dari bebatuan yang ditempel dan dikeratkan dengan putih telur yang diaduk dan di campur dengan tepung. Itu adalah salah satu bahan yang digunakan pada zaman dahulu. Benteng ini dibangun tak jauh dari Masjid Kuta Batai yang telah dibangun oleh Sultan Iskandar Muda didekat sini juga sultan muda Iskandar pernah membangun Meuligue.

Posisi yang Strategis Berada di Bibir Pantai

Posisi yang Strategis Berada di Bibir Pantai

Aceh memiliki beberapa kerajaan Hindu-Budha yang biasanya digambarkan sebagai Trailer Aceh Lhee Sagoe. Ini dibangun serupa membentuk sebuah konstelasi berbentuk segi tiga yang menghubungkan 3 benteng besar peninggalan kerajaan ini. Dengan posisi yang lumayan strategis ternyata Benteng Iskandar Muda ini didirikan jauh sebelum islam menyebarkan pangaruhnya di tanah Aceh.

Kota Aceh ini memang kerap kali dikenal dengan basis syariat islamnya. Islam bukan hanya Berjaya ketika di Aceh mendapatkan sebutan Daerah Istimewah Aceh. Kota Aceh juga menerapkan syariat Wisata benteng ini sangat cocok anda datangi ketika anda berlibur ke Aceh setidaknya kalian bisa mengetahui sejarah dan bagaimana benteng Iskandar Muda ini didirikan beserta sejarahnya.

Benteng ini di bangun sebagai penahan dari serangan Belanda dan portugis, Benteng ini juga pernah diterjang oleh bencana tsunami pada tahun 2004 silam dan bangunan itu telah direnovasi kembali. Dan sampai saat ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh yang ketika kita melihat dari kejauhan akan tampak warna putih yang didalamnya tersimpan peninggalan-peninggalan siltan Iskandar Muda.

Rusaknya Benteng Iskandar Muda

Rusaknya Benteng Iskandar Muda

Setelah terjadi bencana Stunami di Kota Aceh maka terjadi banyak sekali bangunan yang hancur dan tidak tersisa lagi, begitu juga dengan benteng peninggalan sejarah. Benteng Iskandar Muda juga sebagian hancur terkena bencana, kondisi dinding bangunan yang berbentuk segi empat yang letaknya di area selat malaka dipenuhi tumbuhan lumut bahkan ada banyak sekali batu tembok yang dibiarkan hancur begitu saja.

Dahulu kala, Benteng Iskandar Muda yang dibangun oleh sultan Iskandar sebagai tempat dan wahana pelindung wilayah kekuasaan sultan Iskandar dari serangan belanda dan portugis, sangat disayangkan jika asset peninggalan sejarah tidak dirawat dan dijaga. Selain Benteng Iskandar Muda yang rusak ada pula benteng indrapatra yang juga hancur dan roboh akibat terlalu sering dihantam oleh ombak pasang.

Spot Foto di Benteng Iskandar Muda

Spot Foto di Benteng Iskandar Muda

Wisata Benteng Iskandar Muda ini tempatnya sangat luas dan sinar matahari akan mengenai secara langsung ke area lokasi Benteng Iskandar Muda. Cahaya ini membuat gambar yang kalian ambil ketika berselfie di Benteng Iskandar Muda ini akan sangat terlihat bagus. Maka tak jarang jika kalian berwisata kemari kalian akan menjupai banyak sekali para fotografer yang mengambil gambar di wisata Benteng Iskandar Muda ini.

Ada berbagai wisatawan yang berkunjung hanya untuk mengambil gambar pre-wedding atau hanya sekedar berselfie, dan anda juga dapat mengetahui bahwa benteng ini sangat luas dan kokoh, kalian bisa saja membayangkan betapa sulitnya membangun benteng sekokoh ini pada zaman dahulu.

Udara yang melintas di area wisata Benteng Iskandar Muda ini juga sangatlah segar karena luas nya area Benteng Iskandar Muda. Ada banyak sekali pengetahuan yang akan kalian dapat jika datang ke wisata ini. Karena jika kalian mendatangi Benteng Iskandar Muda ini maka masyarakat setempat jika anda menanyai tentang wisata Benteng Iskandar Muda maka warga akan menceritakan sejarah benteng ini dengan gambling.

Tips Berwisata ke Benteng Iskandar Muda

Tips Berwisata ke Benteng Iskandar Muda

ketika anda ingin berkunjung ke Benteng Iskandar Muda maka anda harus menyiapkan berbagai macam persiapan, salah satunya adalah ketika berasal dari luar kota maka anda harus menggunakan kendaraan yang sekiranya dapat mengantar anda pulang dan pergi dan tidak sampai kemalaman, karena di wisata Benteng Iskandar Muda ini tidak menyediakan tempat penginapan untuk bermalam.

Anda juga harus membawa bekal secukupnya untuk mengisi perut anda karena fasilitas warung atau kedai penjualan makanan dan minuman tidak tersedia disini, anda bisa membawa bekal sebanyak banyaknya untuk persediaan. Kondisi tubuh yang fit adalah yang utama harus anda perhatikan karena jika anda sedang sakit maka kalian tidak akan dapat menikmati pemandangan bentangan rumput di area Benteng Iskandar Muda.

Kalian juga diharapkan ikut serta menjaga kelestarian lingkungan di sekitar wisata Benteng Iskandar Muda ini karena akan sangat disayangkan jika salah satu meninggalan sejarah ini rusak . kalian juga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan disekitar wisata membuang sampah pada tempatnya. Karena tempat wisata Benteng Iskandar Muda ini sangatlah luas dan hanya ada tembok dan rerumputan maka ketika ada kotoran sekecilpun akan sangat merusak pemandangan wisata.

Warga setempat juga berusaha menjaga salah satu peninggalan Benteng Iskandar Muda ini, ketika ada kerusakan yang terjadi pada benteng ini warga juga slalu berusaha memperbaiki dengan dana yang dihasilkan dari wisata. warga juga memperbaiki tembok-tembok Benteng Iskandar Muda ini yang rusak karena dihantam ombak , mengecat ulang warna tembok dan masih banyak lagi perbaikan perbaikan yang dilaukan oleh warga. Oleh karena itu kita harus ikut serta menjaga kelestarian wisata Benteng Iskandar Muda dengan tidak merusak bangunan ataupun melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan.

Konten ini dialihkan ke member area. jika anda mempunyai user di sini, silahkan masuk. Member baru silahkan daftar.

Posted in Wisata and tagged .