wisata coban putri

Wisata Coban Putri Batu Malang Yang Mengagumkan

Wisata Coban Putri Batu Malang Yang Mengagumkan – Bagi anda yang berencana untuk weekend ataupun liburan bersama dengan teman, sahabat, keluarga, ataupun pasangan anda, untuk me-refresh otak karena penatnya tubuh ini dan pusingnya otak menimbulkan rasa jenuh yang tak dapat dibendung lagi. Untuk berlibur kita tentunya ingin mendapatkan libur yang berkualitas dan nyaman untuk menjernihkan otak setelah rutinitas yang membikin diri kita jadi muram.

Memilih liburan di kawasan kota Batu Malang tak boleh anda lawatkan dari jadwal liburn anda. Karena Kota Batu tidak hanya terkenal dengan suguhan keindahan wisata buatannya yang berkonsep wahana permainan seperti halnya Jatim Park, Museum Angkut, Batu Night Square dan lainnya, wisata alam di Kota Batu ternyata juga tidak kalah indahnya. Untuk sekarang ini, kota Batu Malang juga mulai mengembangkan berbagai macam spot foto yang indah karena dipadukan dengan pemandangan dan panorama alam asli yang tentunya akan menjadi aset berharga pada saat ini karena dapat menjadi bahan jualan diberbagai macam daerah.

Jump to:

Kota Batu memang tengah menjadi incaran para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara karena spot wisata yang mengagumkan dan mengesankan karena keindahan dan kecantikannya. Hal ini yang membuat spot foto wisata alam yang ada di kota Batu terkenal. Spot foto wisata alam menjadikan para wisatawan rutin untuk mengupdate foto di media sosial seperti facebook dan instagram. Jika di Bogor memiliki air terjun dengan sebutan curug, maka di Kota Batu Malang memiliki coban.

Sebenarnya antara coban dan curug memiliki arti yang sama saja yaitu air terjun, hanya saja di setiap daerah memiliki perbedaan dalam penyebutannya. Berbicara mengenai air terjun, di Batu Malang juga memiliki banyak sekali air terjun yang dikenal dengan sebutan coban seperti Coban Talun, Coban Rondo, Coban Rais dan masih banyak lagi yang mungkin sering anda dengar. Selain air terjun yang disebutkan sebelumnya.

akhir-akhir ini muncul sebuah destinasi wisata alam air terjun yang kekinian di Batu Malang yaitu Coban Putri yang mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan deretan coban yang ada di Batu, karena lokasi dari destinasi wisata yang satu ini berada diantara lembah dan di bawah perbukitan.

Dari sini anda dapat bayangkan keindahan dari air terjun Coban Putri yang tidak perlu diragukan lagi akan keindahan alam yang dimilikinya. Air terjun Coban Putri ini tergolong baru di Kota Batu karena saat ditemukan oleh salah satu pecinta alam atau orang yang biasanya senang menjelajah dunia hutan. Saat ditemukan air terjun Coban Putri ini belum tersentuh oleh manusia karena tempatnya yang cukup tersembunyi.

Tempat wisata Coban Putri ini baru dibuka pada tahun 2017. Keindahan Coban Putri tidak seindah coban-coban yang sudah ada sebelumnya yang ada di Malang Raya karena belum banyak yang mengujunginya, sehingga kondisi alam yang ada di Coban Putri masih sangat alami.

Namun Spot foto di Coban Putri akan terlihat sangat mahal dan elegan karena Coban Putri sendiri terbentuk dari aliran air serupa dengan belahan rambut seorang putri yang cantik jelita yang berada di bawah pepohonan hijau yang rindang, tanpa harus diperinci lebih lanjut lagi, siapa putri yang dimaksud warga, masyarakat yang ada di desa langsung memberi nama air terjun tersebut dengan nama Coban Putri.

wisata coban putri

Anda dapat menikmati kesegaran air terjun Coban Putri dan merasakan suasana yang begitu asri. Terlebih lagi, kawasan perbukitan yang ada di Batu juga terkenal memiliki suhu udara yang sejuk sehingga sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk refreshing.

Coban Putri ini memiliki ketinggian air terjun yang hanya mencapai kurang lebih sekitar 35 meter dan lebar air terjun 3 meter, namun meskipun demikian airnya mengalir dengan cukup deras dari ketinggian melawati sela-sela bebatuan. Kondisi air yang ada di Coban Putri masih sangat jernih dan belum ada pencemaran sehingga sensasi untuk merasakan kesegaran air murni seperti air terjun ini benar-benar luar biasa.

Ditambah lagi dengan pemandangan yang indah yang berada disekitar air terjun dapat menjadikan mata anda menjadi segar kembali. Apalagi jika anda ke lokasi ini dalam kondisi yang lelah, semua kelelahan anda akan terbayar saat anda sampai di lokasi air terjun dengan disuguhi keindahan air terjun Coban Putri dan ditemani oleh suara gemercik air dan juga kicauan burung dapat menjadikan pikiran anda menjadi semakin tenang.

Tentang Wisata Coban Putri Yang Harus di Ketaui

  • Lokasi Coban Putri

    • Jika anda memiliki planning untuk liburan ke destinasi wisata Coban Putri anda harus tahu dimana lokasi Coban Putri berada. Coban Putri memiliki letak yang sangat dekat dengan Coban Rais. Bagi anda yang pernah ke Coban Rais pasti anda sudah mengetahui jalan-jalan yang dilalui untuk sampai ke Coban Putri. Jaraknya kurang lebih 1,5 km dari Coban Rais.

      Lokasi dari Coban Putri ini terdapat pada kawasan perhutani oro-oro ombo yang berada di desa Tlekung kecamatan Junrejo, kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tempat wisata alam ini baru dibuka sejak bulan April 2017 yang lalu. Meskipun air terjun ini baru dibuka dan belum dilakukan pembukaan secara resmi, air terjun Coban Putri sudah diserbu oleh banyak para wisatawan yang sebagian besar merupakan warga batu.

  • Rute Coban Putri Batu Malang

    • Rute yang harus anda lalui untuk menuju Coban Putri dapat anda jumpai dengan mudah. Anda hanya perlu melintasi jalur lingkar barat (jalibar) yang ada di desa Tlekung. Lokasi Coban Putri hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari jalur lingkar barat (Jalibar). Atau untuk anda yang sudah pernah ke Coban Rais anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Coban Rais yang merupakan air terjun yang cukup populer karena lokasinya yang cukup dekat dengan kota Batu.

      Namun anda harus terlebih dahulu melewati medan yang cukup sulit untuk dilewati karena banyaknya tanjakan dan juga belokan menuju lokasi wisata Coban Putri. Bagi anda yang membawa kendaraan roda empat (mobil) harus diparkirkan di bagian pintu utama dan untuk melanjutkan perjalanan ke Coban Putri anda dapat menggunakan ojek dengan harga Rp. 20 ribu untuk dua kali jalan hingga sampai ke lokasi wisata Coban Putri.

      Sedangkan, bagi anda yang menggunakan sepeda motor, anda dapat langsung menuju ke lokasi Coban Putri yang berada di desa Tlekung. Akan tetapi, untuk pengguna sepeda motor sendiri anda diharapkan berhati-hati karena jalur untuk sampai ke lokasi Coban Putri yang cukup terjal dengan kondisi jalan yang penuh dengan bebatuan. Jika anda masih merasa bingung untuk mencari lokasi cocan putri, anda dapat menggunakan bantuan GPS dengan rute yang sama persis dengan rute menuju Coban Rais.

  • Harga Tiket Masuk Coban Putri

    • Untuk mendapatkan keindahan yang alami dan sangat baik anda tidak perlu menguras kantong terlalu banyak untuk menikmati keindahan yang ada di Coban Putri karena harga tiket masuk ke Coban Putri Batu ini hanya dipatok dengan harga yang relatif murah dan terjangkau yakni sekitar Rp. 8.000 saja per orangnya. Namun, bagi anda yang membawa kamera SLR ada sedikit tambahan harga yakni menambah Rp. 15.000 dan untuk anda yang membawa Action Cam juga akan dikenakan tambahan harga sebesar Rp. 10.000.

      Cukup murah bukan? Dengan harga yang relatif murah anda sudah dapat menikamati keindahan, kesegaran, dan kenyamanan air terjun yang tengah hits ini dan dapat berselfie ria dengan teman-teman anda dengan spot wisata yang sangat indah dan cantik. Jam buka wisata alam air terjun ini sama dengan lokasi wisata alam yang lainnya yaitu mulai dibuka dari jam 6 pagi sampai dengan jam 5 sore.

      Untuk ke depannya, Suwandi selaku ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LDMH) Daerah Tlekung menjelaskan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan dinas pariwisata yang berada di kota Batu untuk terus melakukan perbaikan dan pembenahan di lokasi Coban Putri ini guna meningkatkan jumlah pengunjung. Hal yang menjadi perhatian untuk saat ini adalah mengenai akses jalan atau rute yang dilewati untuk sampai di air terjun Coban Putri yang hanya berupa jalan setapak dan tanah liat.

  • Wahana Coban Putri

    • Ada beberapa wahana yang ada di Coban Putri, namun salah satu wahana yang paling populer dan sering muncul di feeds instagramer adalah spot tangan raksasa yang dibangun sebagai gardu kayu dan ayunan. Sekilas spot ini serupa dengan hutan pinus pangger yang berada di Kota Jogjakarta. Gardu ini dibangun dengan model tangan raksasa yang menengadah. Nah, para wisatawan yang berkunjung ke Coban Putri atau para wisatawan yang berkunjung bisa berfoto dengan berpose di atas telapak tangan raksasa yang seakan ingin digenggam oleh sang raksasa.

      Pengunjung juga dapat berfoto di atas ayunan yakni dari spot tangan raksasa yang dibuat dari bahan kayu serta akar-akar kayu tersebut. Spot ini sangat terkenal dan cukup keren karena berlatar belakang pegunungan yang berwarna hijau membuat hasil fotomu terlihat bagus, keren, dan segar. Untuk mendapatkan spot ayunan ini anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10 ribu untuk harga tiket Sport Ayunan.

      Walaupun tidak seterkenal atau sepopuler coban-coban yang ada di Batu, namun sedikit demi sedikit wisata air terjun yang dikenal dengan nama Coban Putri ini mulai banyak dikunjungi para traveller pada saat ini. Hal ini dibuktikan dengan laporan yang disampaikan oleh penjaga air terjun Coban Putri bahwa tempat wisata yang biasanya hanya dikunjungi tidak lebih dari 50 orang saat weekend, kini melonjak secara drastis yakni lebih dari 300 wisatawan hanya dalam waku satu hari. Terjadinya lonjakan kunjungan ini dikarenakan adanya tambahan spot yang menarik dan bagus untuk berselfie seperti wisata alam yang lainnya yang berada di dalam hutan.

  • Mitos Coban Putri

    • Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa air terjun yang bernama Coban Putri sendiri terbentuk dari aliran air serupa dengan belahan rambut seorang putri yang cantik jelita yang berada di bawah pepohonan hijau yang rindang yang memiliki ketinggian mencapai sekitar 20 meter ini baru ditemukan oleh para petualang yakni salah satu warga desa yang tidak sengaja mengunjungi lokasi tersebut. Mitos yang beredar adalah air terjun ini diberi nama Coban Putri karena diambil dari cerita sejarah yang berkembang di masyarakat desa sekitar air terjun tersebut.

      Jadi, menurut suwandi yang merupakan ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LDMH) Daerah Tlekung, dulunya air terjun ini sering dikunjungi dan disinggahi oleh seorang putri yang bernama Ken Dedes, yang merupakan seorang permaisuri dari Ken Arok Raja Singosari. Namun, selain cerita sejarah yang beredar, pengunjung dapat melihat kecantikan yang dipancarkan oleh air terjun Coban Putri yang anggun ini. Ditambah dengan suara burung dan suara gemercik air serta suara serangga liar khas hutan yang membuat nuansa di Coban Putri semakin segar dan alami.

Untuk anda yang ingin mengunjungi air terjun Coban Putri ini, anda harus berhati-hati dan selalu waspada karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya rute yang harus dilewati untuk mencapai air terjun Coban Putri hanya berupa jalan setapak dengan tanah liat.

Untuk anda yang akan mencoba untuk mengunjungi air terjun ini, saya sarankan untuk tidak berkunjung pada saat musim hujan karena sudah dapat dipastikan jalan yang dilewati akan menjadi sangat sulit dan licin ditambah dengan jalannya yang terjal dan banyak belokan. Selamat berlibur teman-teman.

Posted in Wisata and tagged , , , , , , , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *